Tahukah kamu apa itu seismologi….. bagi orang awam mungkin seismologi diartikan sebagai ilmu gempa, karena memang nyrempet-nyrempet masalah gempa🙂

Kita bahas pelan-pelan tentang seismologi :

Seismologi berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu seismos yang berarti getaran atau goncangan dan logos yang berarti risalah atau ilmu pengetahuan. Orang Yunani menyebut gempa bumi dengan kata-kata seismos tes ges yang berarti Bumi bergoncang atau bergetar. Dengan demikian, secara sederhana seismologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari fenomena getaran pada bumi, atau dengan kata sederhana, ilmu mengenai gempa bumi. Seismologi merupakan bagian dari ilmu geofisika.”

(Jaringan Seismik)

Dalam perkembangannya, seismologi tidak hanya mempelajari gempa bumi saja, akan tetapi digunakan juga untuk eksplorasi minyak bumi dan geoteknik.

Dari ilmu Seismologi ini para ahli bisa menentukan jumlah lapisan bumi beserta jenis materinya.

“kok bisa yach???”

Disini para ahli Geofisika berperan, dengan memasang alat perekam gempa (Seismometer) para ahli bisa mengumpulkan data perambatan gelombang yang menjalar didalam bumi, dan dari data yang sudah terkumpul dari stasiun-stasiun seismometer di seluruh dunia, para ahli bisa memodelkan lapisan dalam bumi dengan menganalisa cepat rambat gelombang dari sumber gempa yang menjalar didalam medium bumi. Dari situlah model bumi terbentuk.

“Bagaimana dengan Seismologi untuk eksplorasi dan geoteknik???”

Dalam eksplorasi dan geoteknik para seismologist (ahli seismologi) menggunakan sumber getaran buatan, contoh sumber getaran buatan antaralain Dinamit, Fibroseis, Palu,dll. Dari getaran yang dibuat, diterima oleh penerima yang diberinama Geophone (di darat). dari data rekaman gelobang seismik tersebut bisa dianalisa pelapisan batuan dalam bumi.

Ilmu ini berkembang sesuai kebutuhan jaman, terutama dalam bidang eksplorasi minyak bumi…… “maklum harga minyak mahal🙂 ”